15 December 2013

Home » » Tips Mengatasi Kulit Kering Akibat Panas

Tips Mengatasi Kulit Kering Akibat Panas

Tips Mengatasi Kulit Kering Akibat Panas
Tips Mengatasi Kulit Kering Akibat Panas - Tips mengatasi kulit kering akibat panas cuaca terik mentari atau bisa juga cuaca yang dingin diakibatkan musim pancaroba bisa dioptimalkan mulai saat ini. Selama ini kulit kering yang terjadi seperti bibir ataupun permukaan kulit telapak kaki yang kasar, kaku terasa kusam,mudah mengelupas, dan pecah-pecah juga merembet pada bagian tubuh lainnya yakni mahkota rambut, yang juga bisa bercabang. Sangat menganggu, bukan. Namun tidak usah terlalu risau cukup dengan melakukan hal sederhana seperti petunjuk di bawah ini mungkin bisa mengantisipasi gangguan-gangguan serupa menjadi lebih buruk. Berikut ada tips mengatasi kulit kering akibat panas, diantaranya dengan rajin melakukan usaha seperti :

Tips Mengatasi Kulit Kering Akibat Panas

1. Perbanyak minum air putih
Minum air putih sebanyak mungkin kurang lebih 2 liter perhari akan membantu pernafasan kulit serta merta menjaga kelembaban pada kulit. Hingga kulit tidak mudah tampak kering dibuktikan dengan adanya tampilan kulit yang kusam, seperti bersisik, bahkan terasa kaku dan mudah pecah-pecah.

2. Memanfaatkan masker buatan
Buat masker sendiri dari bahan yoghurt plain (tanpa rasa) dengan daging buah papaya yang telah dihaluskan. Dipercaya asam laktat pada yoghurt bisa mengangkat sel kulit mati dan tidak membuat kondisi kulit kering tambah parah seperti pada scrub biasanya. Gunakan sebagai masker pada wajah, dengan takaran setengah gelas yoghurt dicampur 3-4 sendok makan buah papaya yang telah halus. Tempelkan pada wajah kurang lebih setengah jam. Lalu basuh dengan air.

3. Rajin mengkonsumsi madu
Dipercaya dengan kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi dalam madu bisa memberikan fungsi seperti Lip Balm, sehingga sangat efektif dan manjur menghindari gangguan akan kulit kering dan pecah-pecah pada bibir serta sariawan.

Makan lebih banyak sayur-sayuran serta buah
Dengan memakan banyak makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan asupan nutrisi tubuh akan terpenuhi secara baik. Apalagi sayur dan buah-buahan dikenal memiliki kadar vitamin, zat mineral serta kandungan gizi tinggi lainnya yang baik untuk kesehatan serta keelastisan kulit tubuh. Disamping itu juga membantu memperbaiki terjadinya regenerasi kulit.

unakan tabir surya
Menggunakan tabir surya untuk melindungi kondisi kulit terutama dalam alam terbuka yang sangat panas dan terik bisa memakai tabir surya atau sunblock minimal berkadar SPF 30. Oleskan merata pada kulit tubuh, dalam 2-3 jam kemudian.

Berolahraga secara teratur
Manfaat olahraga selain menyehatkan tubuh, ternyata bisa memperlancar peredaran darah serta mengatur keseimbangan suhu dalam tubuh. Sehingga kesehatan dan kelembaban pada kulit sensitif akan mudah teratasi.

7. Mengatur suhu
Jika Anda bekerja lama pada suatu ruangan, sebaiknya kontrol suhu udara dalam ruangan sekiranya berkisar antara 240 - 270 celcius. Dengan temperatur ruangan yang standar tidak akan menjadikan pori-pori kulit lebih membuka lebar dan terjadi penguapan hingga mengakibatkan kulit kering.

8. Ubah kebiasaan mandi
Jika sering memakai air yang terlalu panas akan membuat kulit rentan kering. Ditambah dengan adanya aktifitas sering bersauna, dikuatirkan kulit akan semakin mudah kering dan pecah-pecah. Karena itu ubahlah kebiasaan mandi menjadi lebih baik.

Memakai kosmetik yang tepat
Jangan sesekali memakai alas riasan atau kosmetik yang kurang cocok untuk kulit. Jika seringkali dipaksakan akan semakin memperparah kondisi kulit yang rentan dengan gangguan kulit kering, merah,kusam, bersisik, mengelupas dan pecah-pecah. Pakailah kosmetik yang terjamin keamanannya.

Gunakan lotion pelembut
Ada baiknya jika melindungi beberapa bagian kulit tubuh yang rentan seperti pada tangan, siku, lutut bahkan tumit kaki dengan rajin mengoleskan handbody atau lotion pelembut kulit. Tujuaannya agar kulit terlindungi dengan bahan dalam handbody yang memang mengandung pelembab. Gunakanlah lotion ini untuk melakukan aktifitas di luar rumah yang langsung terpapar sinar matahari juga tempat yang rendah kelembabannya seperti halnya ruangan yang ber AC.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar

  1. Air putih memang harus banyak dikonsumsi karena tubuh dan kulit memang terdiri dari banyak cairan sehingga asupan cairan harus tetap terpenuhi agar kulit dan tubuh tetap sehat dan segar.

    ReplyDelete

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 

Posts RSSComments RSSDMCA PROTECTEDBack to top
Portal Berita Terhangat - Premium Blogger Template © 2014 ∙ All Right Reserved ∙
Designed by Muhammad Sapoandie